Ruang Steam PPDS.


Sebenernya cuman mau ngasi foto – foto doank sih.  Abis kayanya beberapa lokasi harus diabadikan deh. sebelum gedung -gedungnya di rombak. Kaya jaman skul di univ. muter -muter. lab anatomi nya udah berubah. kelasnya juga udah berubah. padahal banyak kenangan disana. 

IMG-20130827-01291

jadinya…hehehe…ini lah beberapa foto lokasi departemen parasitologi dan ruang kelas nya yang dipake untuk kuliah magister PPDS RSCMFKUI .  kursinya masih terbuat dari kayu. Warna yang mendominasi ruangan ini, cokelat. Dan udara yang mendominasi kelas : PANAS MEMBARA. STEAM TO THE MAX.  inilah Ruang Steam untuk PPDS. panas, pengap, penuh, dan pusing. Semua PPDS terpergok sedang kipas – kipas dan sulit berkonsentrasi. Tapi entah mengapa, gak ada pengurus yang peduli. hiksss…. Sauna maksimal… cepet langsing deh disini. dan bedak juga cepet lunturnya. 

fotonya sih diambil sebelum jam 8. sebelum kuliah mulai. makanya masi sepi banget. kapan2 saya ambil waktu jeda kuliah. 

IMG-20130827-01289

pagi2 , biasa PPDS nongkrong disini. Tapi cuman untuk PPDS yang dateng kepagian aja sih. 

IMG-20130827-01290

ditengah- tengah nya ada taman. mayan sejuk sih. andai bisa kuliah di alam terbuka. begh! bakal kaya YALE abis. which is IMPOSEBELLLLL….

Maksudnya impossible. jangan kaget kalo saya suka nulis bahasa inggris suka suka. Lol.

Inti kuliah hari ini sih.  Dasar ilmu adalah filsafat.  

Dasar filsafat itu bertanya dan bertanya terus.

Dari filsafat manusia bisa tahu keterbatasannya, dan bisa terbuka terhadap yang lain, sehingga mau bekerja sama dengan manusia yang lainnya . dari sini, makna yang saya tangkap sih, saya boleh kerja sama saat ujian. hehehehe…

trus prof hari ini sempat memberikan quotes yang menarik untuk saya : 

When Wealth is lost, nothing is lost 

When health is lost, something is lost

When character is lost, Everything is lost.

Jadi untuk menjadi scientist yang besar, bukan dibutuhkan intelektual yang tinggi namun karakter yang cerdas. 

Iklan

Sapa suruh jadi manusia setengah DEWA ?


Aloha… hari ini saya kuliah perdana filsafat kedokteran di ruang parasitology FKUI. Nyari kelasnya lumayan SUSAH. Dan yang pasti capek. Mengingat saya parkir di kencana dan itu jawuhhh bok dari bagian parasit.

IMG-20130826-01288

Well, baiklah, markimul (mari kita mulai )…

Untuk segala sesuatunya selalu ada yang pertama. Oleh karena itu, kuliah hari ini meskipun tidak berkesan, Tetap harus dituliskan di dalam blog. Ada beberapa hal yang penting disini. Dan dengan baik hati akan saya rangkumkan. Terserah mau baca atau enggak. ( baca dunk , please! Ampe finish yak!!! Hehehehe….*nyembah- nyembah sambil ngegelayut di kaki kamyuuuu… )

Inilah rangkuman kuliah perdana :

Pertama – tama sifat kebenaran sebuah ilmu pengetahuan hanya sementara. Kalau saat ini benar, besok bisa saja salah. Oleh karena itu, dokter harus belajar terus menerus. Supaya benar terus.

Kedua , ilmu pengetahuan tidak bisa menjawab pertanyaan yang tidak bisa dijawab. Tidak mengerti ?

Kalau begitu cobalah mengerti. Karena dokter dituntut untuk belajar mengenai filsafat. Katany bapak R yang manis, ilmu pengetahuan dan filsafat itu udah kaya temen akrab, soalnya sama – sama mencari kebenaran. Bedanya , Science is what you know. But philosophy is what you don’t know. Karena enggak tahu, makanya dipikir terus.

Masih bingung ?

Yah , cobalah tidak bingung. Gampang kok. Ini cuman puter – puter pernyataan. Setidaknya itu menurut saya.

Okeh, mari kita beranjak ke hal yang lebih esensial lagi.

Ketiga, Bagaimanakah filosofi panas ?

Panas adalah sesuatu yang abstrak, yang dapat dirasakan oleh pancaindra namun tidak dapat dilihat. Maka hampir 70% residen di ruangan ini sibuk kipas – kipas.

Keempat.

Lalu, bagaimanakah filosofi mobil ?

Punya mobil butuh biaya, dan mobil mengakibatkan polusi. Polusi mengakibatkan otak mengeluarkan zat- zat metabolism yang membuat orang agresif. Kesimpulannya: Filosofi mobil ? Mobil membuat orang agresif.

Kelima, tentang sebab.

Sebab itu kalau disederhanakan bisa salah, karena sebenarnya sebab itu tidak sederhana.

*pala mulei puyenk , eye rolling. Tapi saya tahu restoran sederhana yang enak. Dan saya yang hari ini menjalani diet hari pertama bareng sama miss Octopy,mulei keliyengan. Mata berkunang- kunang. Dan pikiran mulai berhalusinasi rendang padang.

Keenam, apakah yang sehat itu selalu bebas penyakit ? Bukankah ada yang disebut Carier  atau pembawa. Jadi sehat belum tentu tidak sakit.

Ketujuh, Carier itu artinya pembawa. Jadi wanita carier adalah pembawa wanita atau penggotong perempuan. Berarti wanita carier seharusnya adalah laki- laki, karena cuman laki – laki yang membawa perempuan.

Nah, sudah mulai bingung? Kecewa ? tidak puas dengan teori saya ? tidak apa – apa. Silahkan mencari jawabannya sendiri. Karena kebenaran hari ini hanya sementara saja sifatnya. Dan anda bisa menentang sebuah teori. Asalkan anda bisa menerangkan teori yang sifatnya abstrak itu.

Kedelapan, Filosofi panas part 2

Jika semua AC sudah menyala dan kami masih kepanasan, artinya yang salah orang nya. Kenapa ? karena orang nya terlalu banyak. Jadi seharusnya hari ini saya nitip absent saja. Tanda tangan saya kan gampang.

Kesembilan, keunikan manusia.

Manusia itu unik. Satu berbeda dengan yang lain nya. Maka saat dikasih satu obat yang sama , efeknya bisa berbeda pada dua orang manusia.

Gampangnya obat itu cocok – cocokan. Jodoh – jodohan. Kalo jodoh pasti ketemu. Gitu kata Afgan. Nah, kalo tiba – tiba jadi alergi, keluar efek samping nya, bahkan enggak sembuh. Itu artinya enggak jodoh. Udah enggak usah dipaksa. Bukan takdirnya.

Lain lagi sama filsafat dan kedokteran. Dulu filsafat diajarin dikuliah kedokteran, terus tiba- tiba dipisahin. Eh, sekarang,ternyata di rasa perlu. Gak bisa tuh kedokteran berdiri sendiri gitu aja, butuh pendampingan dari filsafat. Ahkirnya bersatu lagi. Nah kaya gini, awalnya nyatu, terus pisah, terus nyatu lagi. Ini namanya JODOH. Udah takdirnya, biar berpisah, ahkirnya menyatu juga.

Kesepuluh, Tentang kode etik kedokteran.

Banyak dokter yang mengeluh bahwa profesi dokter terlalu dianak tirikan. Diteror dan dimonitor habis- habisan. Sedikit – sedikit di selidiki. Sedikit -sedikit di tuntut. Seolah masyarakat tidak mengerti bahwa dokter juga manusia. Dokter bisa capek, bisa marah, bisa sedih. Dan lain sebagainya. Dan mau tahu apa jawaban dari pengajar, ketika salah satu residen memberi pernyataan seperti itu?

“Ya, saya tahu dokter juga manusia…JADI, KENAPA masuk kedokteran ? salah sendiri masuk ke kedokteran. “

Impressive!

Mari beri tepuk tangan dan lempar kulit pisang khayalannnn!!!!

Jadi begitulah yang terjadi. Dokter terlanjur dituntut jadi seorang yang sempurna. Yang perhatian penuh, yang care sama pasiennya. Yang tahu segalanya. Yang bisa memecahkan segala masalah.

Dokter selalu dikelilingi masalah, dan dokter diharapkan mencari solusinya secara brilian.

Dokter terlanjur terkenal sebagai orang pintar, orang yang mulia. Dokter itu dianggap sebagai Manusia setengah dewa.

Masyarakat punya expectations yang berlebihan sama dokter. Jadi, saat harapan masyarakat tidak sesuai kenyataan yang ada. Mereka kecewa, marah, kesal, dan sakit hati. Ujung- ujungnya, masyarakat yang tidak puas menuntut dokter.

So, yang sebenarnya dibutuhkan pasien dan masyarakat adalah perhatian. Dokter harusnya care sama pasien. Hubungan dokter pasien harusnya mirip sama hubungan antar suami istri yah. Suami selayaknya memberikan perhatian sama istri. Perhatian tuh cukup sama satu istri, jangan ke yang lain ( ini obrolan ngelantur antara ranger black, yellow and pink. As usual, cewek!)

Balik lagi ke sifat seorang dokter.

Karena sifatnya yang diagung – agungkan dan mulia. Maka, tadi, si pengajar sekali lagi bilang,
Siapa suruh jadi dokter? ada beban moral dan etika yang harus ditanggung. Harus mau berkorban dan sensitive terhadap kebutuhan masyarakat. Kalau enggak bisa, jangan jadi dokter.”

Yah…terima kasih atas jawaban nya. Pastinya banyak gemes sama jawaban dari pengajar. Gemes pengen cubit pipinya. Xixixixi. Tapi apa boleh buat. Memang itu kenyataan nya.

Sapa suruh jadi dokter ? Sapa suruh jadi manusia setengah dewa?

Day 1 : Salam Semangat


IMG-20130819-WA004

213 residen baru memasuki RSCM di tahun 2013. Sepuluh persen diantara diramalkan akan mengundurkan diri . Empat alasan utama nya karena masalah kesehatan, tidak sesuai dengan program studinya, dilarang oleh istri, dan terahkir, dilarang oleh istri. Semoga saja, saya dan keempat orang personel power ranger lainnya tetap kekeuh di prodi psikiatri.

IMG-20130819-WA001

Jam delapan pagi, 211 Residen baru melafalkan kembali Sumpah Dokter  ( dua berhalangan ). Dua pertiga nya terdiam sambil terkantuk – kantuk. Sepertiga-nya lagi membaca text sumpah dokter yang di sebelumnya sudah dibagikan dengan ogah – ogahan. Yah kecuali residen ortho yang jadi perwakilan kami di panggung. Lalu, bagaimana dengan saya ?

Tentu saja saya termasuk kedalam dua pertiga residen terdiam. Tapi bukan karena ngantuk. Tapi karena tidak mengerti isinya.

Lima menit setelah pembacaan usai. Dekan FK melakukan penerawangan. Menurut ibu dekan, Ketulusan pelaksanaan sumpah yang tadi sudah di lafalkan lantang – lantang dan dibacakan oleh wakil residen dari prodi bedah Orthopaedi itu hanyalah kebohongan belaka. Hanya di bibir saja.

Katanya ,” Kalian yang bersumpah , kalian juga yang melanggar. Lihat saja nanti .”

Kata saya ,” ehem – ehem… ada apa sih buk dekan, mirip kekasih yang sedang merajuk.”

Setelahnya ibu dekan yang baik, sibuk memberikan contoh – contoh tentang pelaksanaan praktik pendidikan kedokteran yang baik di RSCM. Katanya sih dia menentang keras adanya praktik Bullying dan senioritas di sini. Selain itu, dia sudah mengirimkan sepucuk surat kepada setiap KPS ( kepala program studi ) supaya setiap residen baru dapat mengikuti orientasi tanpa diganggu senior. Or so they say…

Yah, kalo dibagian psikiatri sih, saya memang bebas dari gangguan.

Yang lucu, bagian mata yang merupakan markas ibu dekan, Ternyata tetap memberikan tugas jaga bangsal, jaga poli, dan presentasi untuk residen juniornya. Bahkan waktu ibu dekan yang bertanya mana saja anak buahnya, Kebetulan sekali, semua anak buahnya tidak ada ditempat. Kenapa ? Yah, karena ada tugas menghilang mendadak.

Hmmm…interesting.

Jadi , apakah benar residen bisa bebas dari per ploncoan senior ?

Oh iya, Selain sibuk mempertanyakan ucapan dan janji manis bebas plonco, ada juga beberapa hal penting, yaitu :

SALAM RSCM

Kalau ditanya Selamat pagi ? , dijawab : Selalu Semangat

Artinya, meskipun hari sudah siang, atau menjelang malam… tetap dijawab  “ Selalu semangat.”

Berikutnya, Apa kabar ? (dijawab ) Selalu sehat.

Artinya, meskipun sekarat, flu berat, mencret- mencret, dan jadi zombie karena melek dalam empat puluh jam terahkir, HARUS tetap sehat.

Terahkir…

IMG-20130819-01217

RSCM  ?  ( Dijawab ) Menolong, memberikan yang terbaik .

Yeay… Jadi kepada 213 residen thn 2013  yang disebar di 24 bagian dalam 167 Subdivisi, bersama 7300 karyawan. Mari kita bekerjasama. Dan Semoga selalu Semangat ( meskipun mencret )

Ps : obgin kali ini menerima 24 residen. Semuanya masuk melalui jalur mandiri. Obgin tidak menerima jalur regular. Kenapa ? Karena butuh biaya besar untuk membesarkan resident obgin. ( begitu kata bagian yang bersangkutan ) . sapa sangka ilmu bisa jadi begitu mahal ?

Wishy Woody