Stabillo Neon senior part 2


I’m 25 and I will share my thoughts…

Hari terahkir kursus masih ada dua materi yang akan diberikan sebelum ujian.  Kuliah dimulai sejak jam 7 pagi . Tapi karena saya TELER berat setelah 10 jam memeras otak, saya datang  terlambat.  Well, actually sengaja  terlambat. Saya yang Paling telat.  Saya datang kira – kira jam 8 pagi. Gak ada lagi yang masuk ke ruangan setelah saya. Dan karena terlambat otomatis saya duduk paling belakang.  Agak malu juga sih. Tapi beneran deh, teler banget. Biar masuk jam 8 pun saya gak bisa konsentrasi sama sekali. Saya gak buka buku , gak buka ringkasan, dan gak bisa ngapa- ngapain. Cuma bengong liatin layar. Duduk juga sekenanya. Bersandar malas di tmpt duduk.  Rasanya kebiasaan belajar sudah lama saya tinggalkan.

Ngemeng- ngemeng soal kebiasaan, dari dulu gak berubah yah. Kalo namanya uda detik – detik menjelang ujian, tempat duduk di belakang  suddenly jadi penuh. Peserta nya banyak yang belajar ngumpet – ngumpet.  Pembicaranya gak dianggep. Udah kaya Ngomong sendiri sama patung.  Sekarang ini kondisinya juga sama. Walaupun sudah jadi spesialis, kebiasaan lama gak ilang gitu aja. Rasa takut karena belum selesai belajar dan belum ngabisin bahan tetap menghantui . Seolah – olah kalo udah berhasil  nyelesain baca syllabus bakalan bisa dan sukses ujian.  Jujur saya lihat Situasi hari ini beda banget sama kemaren. Dimana kemaren para senior  masih pada full konsentrasi. Sekarang, saya lihat wajah – wajah yang tegang, dan sibuk bolak – balik halaman syllabus secepat kilat. Berusaha menyerap ilmu di saat – saat akhir.

Kalo kemaren di depan saya duduk ortoped senior yang popular, Kali ini duduk mantan dosen saya. Dulu dia sempat jadi dosen tamu ilmu geriatric. Dia termasuk satu dari delapan orang pertama yang lulus dibagian geriatric ini. FYI, untuk jadi getriatric ada beberapa tahapan pendidikan yang harus diambil. Pertama – tama sekolah  internist selama 5 tahun, kemudian masuk ke sub bagian geriatric ( ilmu tentang penyakit ketuaan . untuk orang tua gitu lah) kurang lebih tiga tahun, dan setelah mengambil sub bagian geriatric, dosen saya ini masih ambil lagi sub sub bagian gerontology. So , bisa dibayangkan berapa lama sekolahnya? Dan seberapa pintar dia?

Sama seperti si ortoped jenius yang kemaren duduk di depan saya, si geriatric ini juga suka liat- liat kebelakang.  Kegiatan selingannya selain buka -buka Ipad 2 nya. trus pas  Saya amati ternyata  dia sedang baca power point tentang materi kemaren di IPAD nya.  Luar biasa yah?  Menggigil deh liatnya.  kalo teman2 saya, buka ipad saat seminar untuk nge cek game karena bosen mampus. Well , kali ini ipad nya  beneran dipake  untuk belajar dan browsing data yang berhubungan dengan ujian ini.

Oh iya, saya baru nyadar kalo yang namanya kebiasaan nyari spot dan tempat duduk yang enak saat ujian itu gak pernah berubah yah?  Dari jaman kuliah sampe sekarang. Dari mereka masih muda sampe udah jadi konsulen. Tetep ,nyari tempat duduk paling belakang , trus mefet – mefet  biar bisa kerjasama. Biar bisa nyontek sama temen nya.  Untung saya udah duduk paling belakang.

Pas  ujian udah mau mulai, Si Geriatric mendadak akrab sama dua orang dokter yang duduk disebelahnya.  Satu Spesialis radiologi dan satu lagi internist. Acara jelang ujian jadi seru. Ruangan jadi rame. Karena beberapa orang sibuk manggil – manggil kolega nya, nyuruh duduk disebelahnya. Memastikan mereka bisa kerja sama . Supaya bisa diskusi jawaban.

Keadaan mendadak ramai.

Ada bapak- bapak yang nyeletuk gini ,” ujian gak boleh open book ya? Tapi boleh konsul kan ?”  (iseng aja. Tipe tua tua keladi. Gak kebayang mudanya kaya gimana ? )

Trus ada yang nyambung lg ,” no satu apa ? no satu apa ? “ Jiah…yang ngomong ternyata si ortoped kemaren. Padahal soalnya belum dibagi.

Saya tertegun menyaksikan kenakalan mereka. Tetep yah …

Dan ketika soal selesai dibagi. Di kanan saya sudah duduk dua orang bapak – bapak . Satunya internist , Satunya ortoped.  Sama sama dari Bali. Di depan saya, ada trio geriatric – internist –dan radiolog. Disebelah trio . ada duet radiolog yang uda mesem – mesem dengan ipad ditangan. Siap dibuka.

Posisi duduk udah di setting dengan sempurna. Maka Berikutnya yang terjadi adalah : diskusi panel ….

Si geriatric  :” aduh , soale susah ya ? inggris lagi? Ckckck…”

Si radiolog,” hu uh… inggris. No.1 apa mas ? ”

Si geriatric “ kayak nya A, mas…soalnya dia blab la blab la ?”

Si radiolog :” iya , saya juga kayanya A mas. Soalnya itu ..bla bla bla “

Diskusi masih terus berlanjut. 15 menit kemudian ….

Si internist : “ no 35 apa ya  ?”

Si geriatric :”kalau saya B, situ ?”

Si internist :” saya gak tau . saya ngikut B juga deh. Emang situ yakin ? “

Si geriatric :” gak tau mas . nebak aja . sapa tahu bener .”

Gue ….*ape ? nebak ?ckckckc…tetep mendengarkan dengan seksama dan mencatat dalam hati …

Dikanan saya , si internist bekerja sama juga dengan ortoped. Sambil berhadapan muka . cengar – cengir. Nunduk – nunduk. Padahal udah jelas badan mereka bongsor dan besar. Nunduk pun tetep keliatan. Tapi lucu juga ngeliatnya. Kaya anak kecil gitu,ngumpet – ngumpet. Padahal 15 mnt yang lalu dia barusan curhat ke temen nya ..kalo pensil 2B nya di raut sama anaknya. Dan dengan lantangnya bilang ke anaknya , “ besok , bapak mau ujian !”

Ahkirnya karena kanan dan depan saya terus – terusan berdiskusi , saya pasang earphone dan dengar lagu rihanna dari ipod saya. Lumayan. Saya jadi lebih berkonsentrasi.

Di 30 menit terahkir si Geriatric , Radiolog dan Internist memutuskan untuk mencocokan jawaban . Mereka membuka kembali soal dari halaman awal. Masing – masing menyebutkan jawaban setiap nomor.  Kalo gak sama, mereka berdiskusi jawaban apa yang tepat, kenapa bisa beda. Alasan nya apa ?

Kalo jawaban beda. Jawaban nya disamakan dengan noted “ nebak ! sapa tahu hoki .”

Saya : jiah, hoki dibawa – bawa. Tapi saya tetep pasang kuping. Karena diskusinya memanas. Kalo pas saya gak tahu jawaban nya, langsung ngikut jawaban diskusi didepan.

Saya heran yah, Ternyata biar pintar, biar kuliah setinggi langit, tetep yang namanya ujian multiple choice jadi ajang yang seru  untuk maen contek – contekan.  Dan mereka seneng – seneng aja bisa nyontek gitu. Malah kalo saya lihat kelihatan girang. Si internist nyeletuk gini “ uda lama nih gak bullet- bulletin lembar jawaban. Asik juga ya. Kaya jaman kuliah dulu “ sambil menghela nafas panjang. Kemudian mulai proses pembulatan di lembar jawaban nya dengan hati – hati.

Yang paling bikin saya geli nih kelakuan internist dan ortoped di sebelah kanan saya. Pertama –tama si ortoped dibelah saya menjawab dengan cepat di lembar jawabannya. Kemudian tiga puluh menit terahkir, tau – tau Lembar jawaban si ortoped sudah pindah ke pangkuan internist. Dan si internist sambil cengar – cengir bahagia , nyalin semua jawaban dari ortoped. Si ortopednya sibuk clingak  – clinguk memanjangkan leher , dalam usaha mengawasi pengawas. Takut ketauan. Kreatif bener yak ? sampe jawaban aja disalin semua. Bener – bener kompak yah ….?

Bisa dibilang saat itu Binar – binar kebahagian tampak di mata mereka. Sampai lima menit sebelum ujian berahkir  si geriatric suddenly ngoceh ,” huh … udah ah , makin dilihat makin bingung . makin dibaca soalnya ,makin pusing. Kalo dilihat –lihat terus, jawabannya jadi berubah terus. Dari A bisa jadi C, dari C bisa jadi B . udah deh. Pasrah. Bodo…. Laper nih …makan ah “.

Prettt..

Dia ngemeng gitu sambil nengok ke saya yang duduk di belakang nya. Gara- gara saya masih heboh bolak balik soal ujian .

Trus dia ngomong sekali lagi , “ udah, gak usa dilihat – lihat terus. Makin dilihat makin pusing. Tiap dilihat Jawabannya berubah. Makin dilihat , Makin berubah. Uda. relakan aja. Lulus gak lulus , Pasrah. “

Yah , itu kan dia ? yang Sibuk kerja sama dari tadi. Biar bilang pasrah tapi dia yakin lulus khan ?.

Tapi saya kemakan bujukan si geriatric juga. Akhirnya saya letakkan pensil 2b saya , dan mengumpulkan jawaban.

***

 Hari itu saya sukses jadi saksi mata kelakuan childish para prof, ortoped, internist , dan radiolog. Si pintar yang sudah sampai di posisi puncak berkat keuletan dan kerajinan nya.  si Rajin Dengan segala macam catatan, ringkasan dan stabillo neon mereka. Well,  Maybe ini salah satu bentuk ke uletan mereka. Curi – curi kesempatan emas untuk bekerjasama saat pengawas meleng. Yang penting kompak , yang penting kerjasama dan sama – sama lulus. Intinya memanfaaatkan celah dan kesempatan sebaik – baiknya.

Sedangkan saya , Saya sukses mengerjakan soalnya sendirian , dengan niat untuk menguji kemampuan diri. Selain itu sebenernya saya takut kerjasama dengan si geriatric atau internist di kanan saya. Takut kalo di tantang diskusi. Biasanya jawaban saya kan tebak – tebak buah manggis. Tau jawaban nya bener, tapi gak bisa nerangin kenapa itu jawaban yang saya pilih. Kalo sampe disuruh ngerangin,  bisa modar saya. Ilmu mereka Kan lebih luas daripada saya.

Tapi sekarang saya jadi nyesel, harusnya waktu itu saya bekerja sama aja yah ?  mungkin kalau saya bekerjasama , saya bisa lebih yakin dengan jawaban saya ?

Ini nih akibat saya kerja sendiri ,sekarang saya merasa ketakutan. Takut gagal. Takut gak lulus. Dan saya Gak pede sama sekali. Gimana ini ? Kenapa sehabis ujian selalu menyisakan perasaan menyesal ? Kenapa juga saya harus menyesal ? Dan kenapa dari kemaren- kemaren saya gak serius belajar?

Fiuh… penyesalan selalu datang terlambat. Saya merasa gak rela karena gak memanfaatkan kesempatan untuk bekerja sama.Tapi mau gimana lagi, uda selesai.

Saya ga tahu lulus atau ga. Saya juga gak sanggup kuatir lebih hebat lagi. Udah mentok. Udah kelar.  Yang jelas, dari dua hari kursus itu saya dapat banyak pelajaran berharga. Dengan mengamati tingkah laku mereka, Si orang sukses, Saya merasa mendapatkan sesuatu untuk perkembangan pribadi saya. Saya kagum dengan Dokter senior yang sudah sukses dalam pendidikan , berhasil dalam bidangnya , dan masih berniat menambah titlenya.  Mereka masih punya niat belajar, masih bisa serius mendengarkan selama 10 jam, masih rajin mencatat, bahkan masih niat banget kerjasama demi kelulusan. Yah, Sapa tahu aja dengan meniru tingkah laku mereka, saya bisa mengikuti jejak kesuksesan mereka.

 

Worried woody

Early Desember 2011

2 thoughts on “Stabillo Neon senior part 2

  1. Octopy the Great berkata:

    I’ve been there. I’m going to be there too… For the next 4 years

    Suddenly, worried octopy

Tinggalkan komentar