Obgin part 2 : Bazaar Filosofi



I’m 25 and I will share my thoughts…

Selama di Obgin nih . Parah gila…!

Dokter obgin saya , dari pertama masuk sampe keluar lagi, kerjanya cuman satu : bahas Pelajaran Agama. Semua agama . Dari Islam , Kristen , Khatolik , Buddha, Hindu. Semua di banding – bandingin.

Keluar dari sana , saya gak dapet ilmu apa – apa. Kosong . otak enteng…

Kecuali :

  1. Bagaimana mengelola zakat amal yang baik ? Zakat maal ,zakat fitrah dan cara menghitungnya.
  2. Kapan ajaran tritunggal agama khatolik di sah kan ? siapa kaisar romawi yang mengesahkan ?
  3. Mengenali nabi Muhammad lebih dekat lagi.
  4. Asal muasal Buddha Siddharta Gautama bisa memutuskan bertapa ..
  5. Saya juga belajar sejarah Tuhan …dari awal animisme , dinamisme …sampe agama masa depan. Ada bukunya . dipinjemin. Disuruh baca. Trus ditanyain tiap ronde pagi.

Jadi gini, tiap ketemu sama dokter A yang agamanya islam. Ditanya ,” Gimana caranya Nabi Muhammad ke surga? Siapa nabi Muhammad ? gimana nabi berperang ? “

Visit bareng dokter obgin B ,  di ajarin gimana mengasihi dan mengasihi pasien , menolong dengan hati . percaya pada keajaiban ,adanya kehidupan setelah kematian , dan blab la bla…

Masuk ke OK, ketemu dokter anestesi, langsung ditanya ,” apakah adam dan hawa adalah manusia pertama di dunia ? bagaimanakah teori evolusi Darwin? “

lanjutannya , dipinjemin buku teori penciptaan manusia.

Lagi Operasi besar dokter obgin en dokter bedah ,disapa  gini  “ masih perawan dek ? ” .kalo dah gini urusannya, dijawab salah . Gak dijawab juga salah .

Prettt!!!! Udah jaganya sampe modar… otak di peres. Tenaga di giles.disuruh mikir pertanyaan filosofis lagi, ini aja lagi mikir , pegang sondenya bener apa kagak. Ditanya yang gak ada hubungannya.

Berkunjung ke ruang USG , ketemu cardiolog , dikira pasien , dipaksa suruh EKG , treadmill en ECHO…mana cardiolog nya semangat bener. Ngemeng gak pake filter . malu tingkat dewa.

DO you think buku merah sama buku ijo ada gunanya ? ada hubungannya ? biar tiap hari dibaca, juga gak di tanyain. Gak pernah ditanyain . BSS. Belajar sendiri – sendiri.

Tapi pas ujian , ditanya dari pendarahan saat persalinan , trus tiba –tiba pasien masuk ICU , trus gagal jantung. Semua yang gak diajarin ditanyain . es we te. Kenapa selama ini saya diajarinnya filosofi hidup? Padahal kalo ditanya siapa manusia pertama di bumi , cewek atau cowo , saya udah tau jawabannya.

Sampe sekarang saya gak ngerti yah , kenapa lebih banyak ilmu agama nya ,daripada ilmu medisnya. Niat gak sih nerima koas belajar disana ? Jadi jelas aja kalo sampe sekarang saya gak ngerti apa- apa, untung aja saya gak diajarin ilmu PPKN. Kalo gak , tewas deh.

 

 

Worried woody

November,9,2011

 

Ikm part 1 : ilmu kerefotan mahasiswa



I’m 25 and I will share my thoughts…

Selama dua hari saya mengikuti acara camping. Berlibur. Tapi ternyata hampir semua pengikutnya abegong. Saya mencari teman seumuran , yang nyambung diajak ngobrol. Untunglah ketemu sama miss cloudy. Orang nya easy going dan santai. Kebetulan kami seprofesi. Dan seumuran. Kemana –mana saya pergi dengan dia. Makan pagi , siang ,sore. Snack pagi dan snack siang. Lengket kaya penganten baru . pokoknya selama disana saya cuma pisah kalau sesi main games.

Kabar kalau saya dan cloudy adalah dokter umum rupanya menyebar luas dikalangan para abege. Benernya saya cuek aja sih. sampe muncul anak laki – laki. si Capung . yang kerjanya buntutin saya dan cloudy. Kemana saja dan kapan saja.  Si capung ini  selalu teriak dari jauh “ dokter woody ! dokter cloudy ! tunggu saya “. Tewas deh saya. ada buntut dadakan. Malu juga kan ,semua orang pada ngeliat saya.  Si capung ini nanya melulu tentang gimana rasanya jadi dokter ? apa aja yang dilakukan sebagai dokter ? dan kaya apa kesulitan jadi mahasiswa fk ?

Well, dia nanya sama orang yang salah kan ? Saya kan uda pernah cerita . kalo saya nyesel banget masuk ke FK. Si cloudy juga sama.

Hebatnya lagi , si capung mau jadi dokter karena mau jadi researcher…peneliti. Dan dia rela buang waktu 6,5 tahun kuliah kedokteran supaya bisa jadi researcher. Tujuan ahkirnya menemukan obat , dan di patenkan.

Impressive.

Saya geleng – geleng. Cengar cengir . nyengir bego ke cloudy. Ngebayangin rempong nya jaman kuliah dulu. Inget Gunungan diktat yang kudu dibaca kalo mau ujian. Hadeh. Gak lagi – lagi deh.

So, kami berbagi tips kepada dede capung yang agresif ini. Dari sini saya tahu kalo cloudy , yang berasal dari universitas negeri,juga punya cita – cita yang sama kaya capung. Tapi ahkirnya nyerah. Menyerah ketika bener – bener dikasih waktu setahun penuh untuk ngerjain penelitian. Binatang percobaannya empat puluh tikus.  Cloudy jijik berat sama tikus. Dan akibat kejijikan nya , mungkin karena tikus juga punya perasaan,  Jari miss cloudy sempet kena gigit. Sejak saat itu , cita – cita mulia jadi peneliti kandas.

Nah kalau menurut saya. si capung ini rada –rada miring ya. Maybe kalo dia masuk ke univ. negeri yang sama kaya cloudy, dia bakal interesting sama bidang penelitian. Tapi kalo dia masuk univ yang sama kaya saya, dijamin bakal benci seumur hidup .

Pelajaran yang saya dapat dari capung . well, mungkin taktik buntut nya bisa saya pakai kalau saya mau meminta surat rekomendasi spesialis dari raja kecil.

 

Saya gak tahu pasti nih kenapa public health , atau bagian ikm jadi musuh bebuyutan para koas. Seluruh koas loh. Seluruh koas di univ saya maksudnya.  Semua kayanya benci dan emosi kalo udah ngebahas penelitian. Bawaan nya sewot mulu. Tapi gak salah juga sih. kami Cuma diberi waktu tiga minggu untuk ngerjain penelitian. Hebat banget tuh bisa kelar. Banyak yang ancur – ancuran sih. Masih harus di revisi lagi.

Jadi Gini peraturannya, minggu pertama saya dan teman – teman diminta untuk cari judul penelitian. Tapi dilarang bilang judul. Harus bilang ,” permasalahan. Cari masalah” ( Hidup kok suka nya cari masalah . Heran deh ! )Minggu kedua buat draft dan kuesioner. Minggu ketiga mulai buat abstrak dan ngisi system pendataan. Minggu ke empat , salah semua. Ulang lagi . Benerin lagi. Minggu kelima maju ujian seadanya. Siap di gilas.  Ups. Gak boleh bilang di gilas , atau di bantai. Nanti nasibnya sama kaya temen saya. di musuhin sama konsulen. Trus pas ujian dikasih pertanyaan level doctor.

Untuk saya pribadi ,sejujurnya saya lumayan menikmati IKM ini. Kebetulan saya tidak pernah kena masalah dengan para konsulen. Dan mereka membantu saya dengan senang hati. Sedangkan teman yang lain, udah mau muntah karena bolak balik revisi, print ulang , Revisi lagi, print lagi. Sampe modar… sampe printer jebol.

Saya bilang , Mungkin mereka salah pendekatan dengan para konsulen kali ya. Waktu jaman saya koas ikm.  Pas bikin penelitian , yang saya lakukan pertama- tama adalah Membuat judul semenarik mungkin. Terlalu menarik malah, Sampe ahkirnya judulnya di carikan sama konsulen nya.  Dan Karena judulnya dibuat konsulen sendiri , gak mungkin disanggah lagi dunk?

Saya inget banget tuh, sejak jadi koas, berat badan saya naik 10 kg.  overweight banget. Trus gara – gara itu saya jadi punya ide. Masalah penelitian saya judulnya  “ pisang dapat menurunkan berat badan sebanyak 5 kg dalam 1 bulan” . kan disuruh cari masalah. Buat saya , masalah terpenting sebagian wanita kan berat badan ? jadi tepat dunk kalo judulnya berhubungan sama penurunan berat badan. Daripada bahas diabetes, hipetensi, dan penyakit – penyakit yang gak penting lainnya.

Eh , Konsulen saya ketawa. “  Judulnya unik “, Itu kata mereka. Tapi kurang medis. Kurang ilmiah. Yah , saya kecewa. Padahal saya niat banget buat penelitian itu. Korban percobaannya pasti saya dan crowy.  Sayangnya Judul tetap di bantah. Dan Karena gak ketemu. Saya dikasi judul dari konsulen. “ hubungan minyak telon sama dermatitis pada balita”. Tapi gara – gara masalah itu, Berikutnya kelompok saya dipanggil ,” tim banana diet” . whatever deh…

Satu angka kemenangan untuk saya. This is the first point. Melibatkan konsulen sepenuhnya dalam tugas saya.

Oh iya, penelitian ini dikerjakan oleh tiga orang. Saya, crowy dan froggy. Kemudian masuk minggu kedua, kami mulai bagi tugas. Bab 1, 6 dan 7 dikerjakan saya. Bab 3 dan 4 dikerjakan froggy. Sisanya oleh crowy.  Minggu kedua kami belajar membuat kuesioner. Disini, kelompok saya dipuji karena froggy dengan semangat 45 , membuat 100 pertanyaan. Sesuatu yang saya sesali , karena saya yang harus memasukkan 100 pertanyaan itu kedalam system pendataan.

Di minggu ketiga.kelompok saya tertinggal dari semua kelompok yang ada. Totalnya ada 7 kelompok. Kelompok saya paling parah , paling dudul dan paling gak ngerti ini itu.

Selain itu ,saya, crowy dan froggy ahkirnya menyadari terbatasnya minat dan bakat kami di bidang penelitian. Singkatnya. Benci tingkat dewa. Untungnya benci tingkat dewa ini gak ada yang tau. Semua konsulen ikm manis –manis dan menyambut kami dengan hangat.  Thnx GOD, kami gak sampai diusir, atau di suruh ulang total .Gak dimusuhin juga . Gagak berhasil menahan tatapan maut nya. Froggy berhasil menahan kata – kata sadisnya. Saya , dilain pihak semakin menonjolkan kepanikan saya. Tapi disitu titik keberhasilannya. Rupanya bagian IKM ini suka kalo mahasiswanya kelimpungan dan keliatan semaput ngadepin materi yang , susaaaaaaaaaaahhhhh bangetttttt…. Kaya waham gitu kali ya ? bahagia diatas penderitaan orang lain. Uda liat orang susah , puas , baru di tolongin.

Karena  the banana diet team makin tertinggal dan makin ngaco, yang saya lakukan adalah meningkatkan jadwal konsul. Konsul via telpon . dan memohon2 dikasih email konsulen.  Rencananya hari sabtu sama minggu saya mau konsul juga. Biar cepet kelar.

Di minggu – minggu ahkir Setiap kunjungan jadi lebih berarti lagi. Karena meski sudah diterangkan berkali – kali . saya , froggy ataupun crowy sama sekali gak ngerti maksud si konsulen.  Tingkat panic memuncak. Dan paniknya saya keliatan banget didepan konsulen. Mungkin karena iba , dan takut saya nangis pas konsul,  Ahkirnya si konsulen menyerah.  Konsulen yang paling di benci satu planet, membuatkan abstrak untuk kelompok kami. Langsung diketik rapi di leptop pink saya. Tanpa marah , tanpa bête. Dengan tulus membantu kelompok saya. Untuk saya, itu pencapaian gila. Tentu saja, besok saya akan melakukan hal yang sama dengan konsulen satunya lagi .

Oh iya, jadi konsulen penelitian ini ada dua orang .satu cowo .senior. Paling dibenci satu planet coas. Satunya cewe. Akan dibenci oleh satu dunia. Tapi jaman saya , masih belum . Yang tadi membuatkan saya abstrak , konsulen cowo. Yang selalu jadi musuh bebuyutan koas cowo.yah,gitu deh. Emang susah yah kalo uda bawa – bawa jender.

Selang satu hari, gantian konsulen cewe yang periksa. Crowy yang mengerjakan bab 5. Sudah kelimpungan . luka batin. Emosi. Dan patah arang. Katanya , dia udah 10 kali revisi tabel di Bab 5. Mau mati rasanya. Uda blur liat berulang – ulang tabel yang sama. Dan masih salah juga. Gak ngerti salahnya dimana? Gak ngerti ngitungnya gimana ? M. U.A.K  2 THE MAX!!!

Dan itulah yang kami sampai kan kepada konsulen cewek. Rasa putus asa, ekpresi “ mau mati “ aja , dan mengulang ulang terus pertanyaan yang sama . Walaupun udah dijelasin berulang – ulang ,tetep gak ngerti. Crowy cuman diem aja, melotot liat tabel. Manggut – manggut. Trus bisik2 sama saya,” kamu ngerti kan ? nanti jelasin  ya .” yah , capek deh. Sama sama gak ngerti  tapi gak ada yang berani nanya.

Well, karena frustasi . Saya ngoceh2 dan nanya2 terus . Sebawel – bawel nya. Sedetail – detailnya. Dengan wajah panic , frustasi , kecewa, bingung, dan dengan rendah hati mengaku ,” haduh! Saya gak ngerti dok ! ini gimana ? gimana ene kalo gak kelar ?? gak ngerti apa – apa ? masih gak ngerti  dan gak ngerti “ .  konsulen cewe saya bentak  gitu.Crowy shock . Froggy nunduk.  Saya merengek. Ngambek sama konsulen cewek.

Yang terjadi berikutnya  : konsulen cewek pusing. Mabok . bingung juga kaya saya. Mulutnya uda berbusa. Tetep kita bertiga bengong. Gak ngerti.

Hasil ahkir : konsulen cewek membuatkan tabel  5 langsung di laptop pink saya. sampai ketemu hasil ahkir perhitungan dan kemaknaan.

Kelar bab 5 , berarti kelar juga segala kesulitan yang ada. Nama lain nya : tugas selesai.  DONE !

Itu minggu terahkir sebelum ujian ahkir. Hari itu kelompok saya , yang dibenci mati – matian, karena anggotanya bego – bego , gak punya ide brilian bahkan untuk bikin judul , berhasil lolos dengan selamat.

Kami jadi kelompok pertama yang diuji. Dan saya sukses melewati dengan baik. Mood konsulen baik. Mood saya baik. Bahkan saya ngerasa konsul seperti biasa . No tension and no panic. Just relax.

Pelajaran yang saya ambil dari siklus ikm ini. Well, maybe kalo kita mengakui dengan sungguh – sungguh kekurangan kita. Mungkin aja konsulen bisa melihat dengan nyata kekurangan kita. Dan ahkirnya dengan tulus membantu kita.

But, perjuangan belum berahkir. Ada drama terbesar dalam IKM. Drama revisi …

 

Windy woody

November , 8. 2011

 

 

 

 

Ikm part 2 : Imbas Keenakan Makan


I’m 25 and I will share my thoughts.

Masuk ke stase ikm itu sebenernya enak . Di siklus puncak ini, Saya bebas menentukan mau membuat grup dengan siapa saja. Kebetulan , saya,froggy dan crowy dapat stase yang sama. So kami reunian lagi dalam satu team. berikrar Sehidup semati dalam mengerjakan penelitian dan evaluasi program puskesmas.

Selama di IKM selain fakta menyedihkan membuat penelitian, Banyak hal – hal yang tak terlupakan untuk saya. Bisa dibilang menyenangkan kok. Misalnya saya paling suka pas ikutan posyandu keliling. Ketemu kader – kader (orang yang secara sukarela bersedia repot2 kerja di posyandu) , Ibu – ibu PKK yang rajin dan menyambut saya dengan senyum sumringah. Saya hepi banget loh Kemana – mana dipanggil “dok . dok .dok” bangga gimana gitu. Waktu itu kan saya belum jadi dokter. Dan lumayan depresi , kesel karena di semua rumah sakit dipanggil “ ses, sus, mbak , nci , sus , “ ( padahal jelas- jelas pake snelly putih ). So ,disini saya merasa mendapatkan pengakuan. Ahkirnya baju putih saya dikenali dengan baik.

Sampe di lokasi biasa saya langsung disuruh di suruh duduk di kursi sama bu RT. Di kasih spot terbaik. Trus Gak ngapa – ngapain. Ngeliatin aja. Sambil sms an. Nulis kartu KMS juga enggak , liat muka balitanya juga enggak. Paling ngobrol sama bidan dari puskes. Sambil ngobrol, biasa saya juga ikut dimasukkan dalam kategori bayi sehat.saya dibanjiri dengan cemilan. Saya dapet mulai dari kacang hijo,siomay,  roti, gorengan,  mie ayam dan banyak lagi. Pokoknya SURGA NYA KOAS. Despite deadline research “minyak telon”  bego itu yah. (itu judul penelitian saya , masih berhubungan sama minyak telon en balita , makanya saya rajin ngider2 di posyandu ).

Beberapa Ibu RT yang berduit beliin saya KFC , hokben, Padang sederhana atau bakso seberang. Bakso yang gedenya sebola tenis itu loh. Minumannya bervariasi , dari teh botol ,susu kacang, soda , sampe es buah. Tergantung niat pamernya segede apa. Untuk ibu kader  Yang ekonominya sedeng – sedeng aja , biasa ngajak makan – makan dirumahnya.

Meskipun sedeng2 aja, jangan kuatir. Karena Baik pergelangan kanan atau kiri semua terbungkus  gelang keroncong, jari Tangan penuh cincin emas, dan daun telinga ketutupan anting emas ukuran oversize. So , tetep yah , hobinya ibu – ibu menyambut tamu sambil majang segala perhiasan yang dia punya. Saya sih suka  – suka aja. serasa jadi ratu agung dari kingdom of far far away. Kontras banget sama perlakukan yang diterima koas di rumah sakit portal atau kreji meiji. Gini kali yah perasaan gubernur yang meresmikan gedung atau jalan? Di buai dan di agung – agungkan. Dikelilingi orang yang totally dress up.

Nah , kalo acara posyandu selesai, acara makan – makan segera dimulai. Biasanya ibu kader bilang gini , ” ini dok , makan sekedarnya. Maaf cuman bisa kasih pecel lele/kfc/hokben/bakso A.”

Saya pasang tampang malu- malu. Lugu – lugu setan . Sok – sok jual mahal gimana gitu, trus piring ya diambilin , nasinya dicentongin , dan saya makan. Padahal uda kecium bau harum terasinya dari ruang tamu. Uda laper gila… nungguin acara posyandunya kelar. Tapi tetep dunk . Acting. Jaim dulu lah.

Wkwkwkwk…

Alamak, konyol bener kalo inget jaman makan2 itu. Kelar makan , masih dibawain nasi kotak. Di hujani ucapan terima kasih setulus – tulusnya . (Emang saya ngapain ? ngabisin makanan kok di terima kasih in ? perasaan duduk doang sambil maen hp ).  Habis itu saya balik ke puskes. Bantuin apoteker bungkusin obat sambil liat gossip di tv. Trus balik ke kampus. Siap konsul.

Tentang apoteker ini  saya mau cerita sedikit yah. Dari pertama kali grup saya datang, dia selalu mengeluh dan mengeluh  dan mengeluh . Katanya  dia cuman sendirian. Kesepian . kerepotan . Dan kekurangan bantuan . Nah saya , karena bosen setengah mati , gak ngapa – ngapain pas dipusekes, ahkirnya memutuskan untuk ‘kerja pabrik ‘. Bantuin si apoteker ini  Masuk – masukin obat kedalam plastic. Tapi dasar si apoteker ini aneh – Saya baru nyadar kalo dia aneh di minggu ke 2- , waktu saya kerja pabrik ,eh  dia malah nonton gossip , duduk , telpon – telponan . trus menambahkan tugas pabrik kesaya dan froggy. Hadeh –hadeh. Tetep yah , dimana pun coas berada. Disiksa itu wajib yah…

Okeh . back to the basic. Karena penelitian saya berhubungan dengan balita, Setiap hari saya pergi ke posyandu. Seperti biasa juga, saya  makan – makan lagi. Pokoknya selama ikut posyandu, saya udah sempet makan kfc , pecel ayam  tiga kali, pecel lele , mie ayam , bihun goreng, hokben ,bakso dua kali en cemilan – cemilan lain nya. Hidup kaya gini, enak bener. Makan gratis, kesana sini disambut ibu kader, pulang masih dibawain oleh –oleh lagi.

Cuman gini loh , gak semua koas seberuntung saya. Contohnya crowy. Tiap kali ikut posyandu keliling , gak pernah dapet makanan. Udah gitu kadernya kurang lagi, terpaksa crowy ikutan nimbang, ikutan ngisi kartu KMS, sampe nyuntikin vaksin . Pokoknya semuanya dia kerjain. Sampe ngasih es kacang ijo ke ibu – ibu balitanya.

Kalo froggy masih fifty – fifty .kadang dapet mie ayam , kadang dapet snack. Kadang cuman gorengan . tapi yang paling untung untuk urusan jamuan makan. Yah saya orang nya.

Pengalaman lain nya, berkaitan dengan transportasi. Gini nih, karena saya calon dokter, jelas saya dianggap kaya oleh pada pegawai puskesmas ( kerja aja belum , duit masih minta nyak babeh ini ). Akibatnya, setiap kunjungan ke puskes, mereka terbiasa menggunakan taxi woody. Yah , saya merangkap taksi juga. Layanan transportasi gratis dari warmy woody. Mobil imut saya dipake masuk – masuk ke daerah yang seumur hidup saya gak pernah masuk. Dan saya yakin klo gak karena kepaksa, gak bakalan saya nge lewatin gang – gang tikus kaya gitu. Nyetir di daerah super sempit bikin jantungan. Deg – degan . Takut kebaret  dan di baret. Mana saya gak jago – jago amat nyetirnya.  Pengalaman kaya gini, bener – bener bikin spaneng en tension.

Pada ahkirnya semuanya seimbang lah sama pecel lele dan sambel terasi dari ibu kader.

Perut emang berkuasa yah menaklukan segala sesuatunya?

Warmy woody

November , 8, 2011

Bedah : eps. Standing Party …


I’m 23 and I am pissed off…

Standing for two hours with high heels , catch up with friends, sharing foods with  the same plate , was a loveable moment. Accept… Kaki mau patah, betis bengkak , and jari – jari kaki kekurangan aliran darah. Singkatnya, kaki mati rasa. But that okay. I feel pretty in that way. Lagian, cuman dua jam. I can handle it. No prob, pal.

It happened on Sunday . A very very long time ago. I cant remember when . Emmm, I think  a thousand years ago. When I was happy. The last time I feel happy.

So ,this Is what exactly happened now.

I’m about to die. Seriously.  Rather than I am die slowly,  I’m considering to do tentament homicide. Maksudnya mencoba membunuh lewat telepati kek. Lewat tatapan maut gitu. Dengan Tatapan menusuk tajam , dingin , kejam saja sudah bisa membuat lawan jadi batu. Tatapan maut ala gagak , my friends. But , unfortunately I can’t! Orang yang ada di depan saya,dr. Moon cake,  sepertinya gak mempan. Saya sudah melotot, menyipit , melotot lagi, dan menyipit ala miska  di sinetron cinta fitri  dan gak ada respon balik. Dr. MOON cake sibuk sendiri ngubek – ngubek perut orang, nyari umbai cacing kesukaannya ( appendix) sambil bersenandung girang. “ AKU tak sanggup lagi ,menerima derita ini . aku tak sanggup lagi .menerima semuanya.” Ngeledek nih … tau banget suara hati saya.

What the hell !

Saya juga gak sanggup lagi ! Megangin hacken segede bagong. Dari jam Sembilan pagi sampe sekarang, Jam tiga pagi. Belum istirahat.

Why ? why ? why me ? Kenapa tiap saya jamal ( jaga malem) pasien yang dijadwalkan untuk operasi tadinya cuman tiga berubah jadi 12 ? damn damn damn !

Tambah lagi satu stase yang saya benci . BEDAH .

That day was tragic. I have suffered.

Suddenly asisten dokter bedah , sakit gigi ( separah apa sih ? bikin emosi satu kampung ). So , dia  Ijin gak masuk.  Padahal itu jadwalnya jaga malem. Gak ada asisten lain yang mau gantiin. Akibatnya, Saya dan froggy naik pangkat ( froggy partner jaga malam saya) dari coass , naik jadi dokter umum ,merangkap cleaning servis, perawat dan operator telepon. Operator telpon nya dr. Moon cake.

Jam 09.00 wib … operasi minor kuku cantengan . Giliran kodok mesum. Saya menulis laporan. Dalam setengah jam kurang, operasi Selesai. Saya dan enam orang lain nya, masih berbahagia. Baru selesai sarapan.  Kerjaan kodok, pegangin kassa. Debt darah. Sambil lirak – lirik saya dengan mata uzbek nya. kalo gak pake masker, mulutnya pasti nyengir itu. Girang… Cuma ngurusin kuku doank.

Jam 10.00 wib , operasi pielolitomi  ( operasi angkat batu di ginjal). Asisten operasi : saya. Kebetulan berat pasien 100 kg. Mereposisi pasien wanita dengan berat 100 kg yang sudah di ‘tidur’kan tentu saja sulit. Kaya mindahin gajah mini. Butuh kemampuan enam orang  untuk memiringkan pasien kekanan . Kalo gak percaya , Tanya aja sama semua paramedic  yang kerja di OK. Trust me, Obesity is not just affected you , but people around you too.  Operasi sukses. Berlangsung tenang  dan ditonton banyak mahluk . diiringi lagu  “ malam itu  , hujan rintik – rintik , kita berteduh di bawah atapnya.”  Lagu versi saya ,” hari ini, darah netes – netes. Ke baju OK saya, ke celana kolor saya , ke sandal swallow saya.” pekerjaan saya nambah lagi “Cuci sandal swallow berdarah” . Auuuwww…judulnya keren yah , kaya judul filem2 mesum di bioskop abal- abal. Well, operasi cuma tiga jam. Jam 1 selesai.  Teman – teman seperjuangan pulang.  Jaga malam dimulai. Froggy kabur dari jam 12. Lunchie time.

Jam 13.00 wib. Froggy back dari kantin. Lebih tenang dan sabar. Udah isi bensin dia. Saya yang belum.  Ada pasien baru . Dengan hemoroid. Giliran froggy operasi.  Mata froggy riyep- riyep.

“Operasinya membosankan. Gak ada suspense nya. Gak menggairahkan ”. kata froggy saat kami menulis laporan.

Sejam kemudian operasi bubar. Saya sempat ganti baju, makan rantangan dari rumah sakit. Lapcus lagi ke OK. Ganti baju. Siap tempur. Kenyang dan bahagia… Dan ngantuk. Desperately need boksi ( bobok siang).

Jam 14.00 wib, pasien operasi Cito dengan appendicitis akut ( usus buntu). giliran saya lagi. Dr.moon cake masih hibernasi.  Adanya dokter  Superman. Dokter bedah kesukaan saya.  Soalnya kalo operasi  cepet banget . Lima belas menit kelar ( untuk appendiktomi maksudnya). Buat dr. Superman mungkin Semuanya indah, kelar operasi dia berharap bisa melanjutkan hobby nya merawat burung – burung eksotis peliharaan nya.  Sampai saya yang assistensi.  Diagnosa di kamar operasi berubah, jadi diverticulitis. Termasuk kasus langka. Area  usus besar yang terkena penyakit ini cukup luas. Operasi berubah . dari lima belas menit jadi tiga jam. Great. Selesai jam lima sore. Mood ancur. Muka mulei jelek. Joker aja jadi ganteng kalo dibanding muka saya. Naluri pembunuh mulai muncul . Baru jam lima.please!  saya butuh mengistirahatkan kaki saya yang pendek ini.

Dari jam lima sampai jam delapan malam, diisi dengan  operasi appendiktomi. HAH ! Giliran kodok .  dan diagnosanya beneran appendicitis akut. Gak berubah jadi yang aneh – aneh.  Jadi Cuma setengah jam. Nasib oh nasib. Lanjut lagi operasi  mastektomi radikal. Pengakatan payudara wanita  ( giliran saya lagi ). Lama operasi  satu jam. Kemudian hemoroid. Giliran froggy. Kegiatan froggy: pegang kassa dan debt darah . Tentu saja Dibantu dr. Moon cake. Romantis banget. Dua duanya megang satu kassa yang sama lalu Men debt bokong pasien. Auuu…. To tweet….Huex!

Jam tujuh . masuk tiga pasien lagi. Dua gangguan di saluran kemih. Operasi direncanakan esok hari. Satunya  lagi butuh operasi cito. Segera. Saat itu juga. Giliran saya lagi. Feeling gak enak niy.

Saya heran deh , setiap kali jaga malam bedah. Awalnya pasien saya Cuma appendicitis. Operasi nya gampang . tiga puluh menit selesai. Kalo gak hemmoroidektomi. Itu juga cepet. Tapi, dengan kombinasi saya , froggy , dr. moon cake , dan insomnia. That’s was bad! Kalo saya jadi assisten dr. Moon cake, hasil di lapangan berubah dunk. Gak cuman si moon cake sih. Tapi dia yang paling banyak dapet giliran jaga malam sama saya. jadi dia yang dapet jackpot nya. Saya juga dapet Jack pot. Midnight surgery show terus.

Dr.Moon cake, si insomnia parah, selalu mulai operasi dari jam 9 malam. Untung deh ini dia mulei operasi dari jam 7 malem. Tapi ini gara – gara operasi  dadakan . jadwal yang kemaren uda direncanain sih tetep. Gak berubah. Tau – tau Papan tulis di kamar OK penuh . hiks…Sapa nih yang tega nulis begini banyak jadwal ?? pengen  ngumpetin spidol di OK nih. Biar pada gak bisa nulis. Huhuhu…

Berkat duet maut antara saya dan Moon cake, appendicitis akut berubah jadi kanker  kolon. Dari tiga puluh menit megangin hacken Jadi 2,5 jam. Suddenly usus besar nya harus di bilas, di potong , di sambung , di iket , di jahit , di cauter . Segala macem deh.Gak berminat ! not interesting.  Saya jadi penonton Kelas VIP nih. Liat langsung process pembedahan sejati.  Halo ! halo ! Saya jual kursi VIP saya!  gratis! Siapa yang berminat ,gantikan saya secepatnya. Buset deh, CAPEK  bow  dua setengah jam operasi ditambah setengah jam persiapan.

Biasanya dalam Setengah jam coas harus udah siap di dalam ruang operasi, menanti mr. moon cake selesai maen game di hp nya.  kelar maen game sambil tidur – tiduran di sofa, baru operasi di mulai. Operasi setengah jalan. Telpon bunyi. Ada pasien baru dua orang. Satu appendicitis akut , satunya, pasien kecelakaan. Yang kedua ini kayanya gak enak nih. Kalo yang dimaksud kecelakaan  cuman kulit robek sih , operasi minor yah. Tapi karena yang jaga saya. Biasanya gak gitu. Mai gat,  Hurry up! Badan uda gemeteran.  Pengen nyolokin cauter ke tangan moon cake mulu dari tadi. Sempet nih dua kali hampir nyolokin cauter ke tangan mooncake. Gak sengaja sih. Sayang , pas yang ketiga kayanya dia udah lebih siap mengantisipasi. Dia cuman bilang , “ jangan ngantuk , dek .”  bales dengan tatapan maut ala crowy. Dalam hati “saya sudah melotot dari tadi. Dengan pancaran energy kemarahan sebesar sejuta watt”.

Selesai  operasi,  Dr.moon cake geleng- geleng dan menyelamati saya karena melihat demonstrasi  colonostomi . Prosedur operasi yang belum tentu dilaksanakan setiap minggu. Paling banter tiga bulan sekali. I am so lucky right ? yes I know im lucky. Kalau aja sekarang bukan jam dua belas tengah malam. Saya pasti hepi . Cuman , saya capek. Kaki saya pegel bukan maen. Standing party terus dok dari jam Sembilan pagi. Kaki pegel,  bahu pegel, mata juga pegel.

Saya berharap banget operasi  berhenti. No more pasien baru. But,kayanya gak mungkin . Selesai buat laporan operasi , saya dan froggy ganti baju. Menuju bangsal dan UGD.  Kami Memeriksa pasien , membuat status dan siap masuk ke OK. Ganti baju lagi .

Ngerti saya rasanya jadi model catwalk. Gonta – ganti baju terus. Pantes mereka tenang – tenang aja di gantiin baju sama desainernya. Gak merasa risih, tangan si desainer menyentuh kulit mereka ( di area sensitive gitu ) . Males juga yah ganti baju lima kali. Saya juga eneg ini , bukain peniti satu satu dari kemeja saya. trus pasang lagi satu – satu. Haizh ribet. Kenapa sih kemeja jaman sekarang kancing nya jauh – jauh ? celah nya pada terbuka semua tauk. Terpaksa di peniti in deh.

Jadi ada dua pasien lagi menanti operasi cito.  Pertama pasien appendicitis akut, si kodok yang gantian asistensi. Yang kedua , pasien saya . pasien kecelakaan motor. Usus nya terburai keluar. Sepanjang perjalanan menuju bangsal si kodok udah ngamuk – ngamuk . lebih rempong lagi kan buat dia , karena kodok gak bisa kemana – mana kalo rambutnya gak perfect. Sisir is her bestfriend. Tapi kali ini , karena buru – buru ,dia gak sempet nyisir. And that’s a huge problem.

So , kodok dan saya merencanakan untuk menuangkan obat tidur ke dalam minuman Moon cake. Di kesempatan jaga malam yang lain. Dengan harapan jadwal tidur mooncake kembali normal. misalnya , obat tidur untuk sebulan kedepan gitu? Jadi kita gak perlu ketemu mooncake lagi sampai ahkir stase.

Balik ke OK. Operasi again. Operasi nya si kodok  Cuman setengah jam . Dari jam 1 sampe jam setengah dua. Giliran saya, operasi pasien usus terburai. Maka tugas saya, masukin usus pelan- pelan , cuci bersih dengan air salin , di compress pake kassa basah , baru dimasukkin . Dijahit lagi rapi. Yah gak lama sih , kira – kira dua jam. Lumayan lah. latihan kekuatan kaki.  Berdiri empat belas jam . That’s okay.  Mulai pasrah menerima nasib. Lagian saya udah tiga kali gak sengaja mau gunting jari mooncake. Pandangan saya mulai kabur you know. Mau gunting benang, eh jadi gunting jari.

Sejak saat itu, DR.moon cake masuk ke dalam BULL’S EYE target. Since that day , I hate him the most! In the other side,  Of course he loves me. Kan saya dan froggy nemenin dia begadang semalaman.  Pesan saya Cuma satu. Please!  Saya gak sakit insomnia. Saya bukan kelelawar. Saya normal. Tolong dunk , bikin jadwal operasi yang normal juga. Pagi2 kek. Saat saya baru sarapan. Masih ada energy melimpah ruah.  Emang nya situ mau jadi betmen apa ? melek malem- malem , menyelamatkan nyawa manusia. Jelas – jelas pasien dateng dari kemaren. Kok di jadwalin nya malem. Haizh ! so hissy fit !

Grrr… I hate bedah ! Harusnya saya suka ya , karena cuman di bedah doank saya jadi coass pembawa pasien. Setiap jaga malam. Pasien rame.  Kalau saya jadi dokter bedah , kemungkinan pasien nya bakal rame. Yah saya juga harusnya enjoy menikmati ilmu melimpah ruah. Bahwa perubahan bisa terjadi begitu mendadak dengan pembedahan . melihat langsung keadaan organ pasien.  So , I think the problem is , maybe bedah bukan stase favourite saya. Maka nya segalanya terasa disaster.

Btw, kenapa sih operasi gak bisa sambil duduk ? kalo megangin hacken bisa bikin bahu disjoint ( pindah posisi )saya masih bisa handle. Tapi kalo udah standing party kaya gini, Ampun deh. Bohwat rasanya.

Kaki uda kaya kayu kenceng nya.  bisa varises ini.

Hadeh . Hadeh. Hadeh. I’m not enjoying at all. Bravo yah buat para dokter bedah.kalo ada lomba standing party , dokte bedah pemenangnya.  Huh!  Pantes bokong nya dokter bedah pada tepos ya .( berdiri melulu. Otot di bokong nya mengalami penyusutan ).

Well, Froggy , gimana dengan rencana mulia kita untuk memberikan obat tidur di minuman dr.moon cake?  Kapan akan dilaksanakan. Ini demi kesembuhan dr. Mooncake juga kan ? atau kebaikan kita ? hehehehe…..

Wrathful woody,

Desember 2010

3 years and 6 months


 

I’m 25 and I will Share my Thoughts…

I’ve been waiting for three years and six months . Just to have my own . My very own blackberry. BOLD 9000.

Six months after . she broke.

So , gara – gara BB saya rusak . mati total . koma. Masuk rumah sakit perawatan BB dan dinyatakan GCS Cuma 3 ( Glasgow Coma Scale : Skala penentuan koma untuk pasien stroke) .  saya terisolasi dari pergaulan . Saya kehilangan banyak peristiwa dan gossip – gossip penting .

Tapi bukan gossip atau peristiwa yang saya sesali. Kehilangan BOLD saya. itu yang membuat saya sedih. Sejak keluar Hampir 4 tahun yang lalu . saya sudah naksir berat. Tapi karena pertama kali keluar harganya sampe 5 juta. Saya tidak jadi beli. Lagipula tiga tahun yang lalu saya belum bekerja. Terlalu mahal untuk kocek mahasiswa. Saya bisa saja minta uang orang tua, tapi saya tidak mau . Dan dengan pikiran ideal saya , saya berjanji , saya akan membeli Bold itu dengan gaji saya sendiri. Kepada teman – teman yang memaksa saya untuk beli BB, saya bilang “ tunggu si Bold jadi satu juta.”

Disambut ledekan dan cibiran dari mereka. “ Bb gak akan jadi satu juta “ itu kata mereka. Enam bulan yang lalu , dengan gaji pertama yang saya dapatkan . saya membeli Bold 9000.

Harganya satu juta Sembilan ratus ribu rupiah.Barang baru . kata penjualnya.

DUA hal yang saya capai : pertama ,saya membeli dengan uang saya sendiri. Dan kedua , saya membeli dengan harga satu jutaan , walaupun masih ada buntut Sembilan ratus ribu. Yang saya inginkan , saya dapatkan .

Saya merasa  BAHAGIA.

Teman- teman yang menganjurkan saya untuk membeli BB, menasehati saya. “ jangan beli BOLD. Nanti menyesal.”

Lagi – lagi saya dipaksa untuk beli seri terbaru .Onyx lah , Gemini lah . Storm lah . berbagai tipe BB yang terbaru . dengan alasan Bold sudah kadaluarsa , dan SERING HANG.

Tapi saya tetap beli BOLD 9000. Saya naksir berat sejak pertama kali keluar. Bahkan ketika dia belum masuk ke Indonesia.  Ketika semua orang belum tau BB apa? Dan Toko- toko di jawa tengah belum pernah mendengar kata “blueberry ? burberry? Strawberry ?” …” maaf , gak ada merek seperti itu .”

Saya jatuh cinta dengan model nya. yang besar , bantat, dan tebal.

Meskipun saya berharap dapat warna hitam, tapi saya mendapat warna putih . ya saya terima. Saya kan sudah cinta mati sama Bold ini.

But then , after six months. Si BB mulai sekarat. Dan saya sedih sekali. Dan setelah dua minggu BB saya mati. Segenap teman , handai taulan , rekan kerja, kenalan semua menanyakan kemana ‘hilang’ nya  saya ?

Maka saya bilang ,” bold lagi sekarat.”

Semua …semua nya punya saran ajaib. LEM  BIRU…. BELILAH YANG BARU ….ada yang ketawa, ada yang ikut frustasi, dan ada yang geleng2 .alias no comment. Ada juga yang bilang ,” gue bilang juga apa ?”  gak masalah. Seperti biasa, cinta mengalahkan segalanya. Cinta saya ke BOLD maksudnya.

The problem is,…

Saya gak suka onyx, Gemini , torch , atau strom.

Saya pecinta BOLD…

Kebetulan baru keluar BB baru , tipe Dakota. Touch screen. FYI, saya benci touch screen. Benci banget. Gak minat , gak butuh , dan gak kepengen beli hape apapun yang di touchy touchy. Saya ANTI TOUCHY!

WELL, namanya barang baru , pasti harganya selangit. Tapi karena saya terlanjur cinta sama Dakota ini. Maka, saya menabung .

Hari ini, saya berhasil membeli  si Dakota. Dengan pin ajaib juga. Sesuai dengan hari ulang tahun saya. Dia benar – benar seperti milik saya. menggantikan bold 9000 saya yang teronggok lesu di dalam lemari.

Sayangnya , perasaan gembira dan bahagia itu tidak datang. Saya tidak merasa puas . dan sekali lagi , saya tidak membeli Dakota sebagai prestise, atau bangga – banggaan karena bisa ikut trend. Ingat , bold 9000 saya beli ketika semua orang bilang dia sudah kadaluarsa. Ikut trend gadget bukan lah tipikal saya.

Dan kali ini juga sama. Saya berubah. Hanya sebulan sejak kemunculan Dakota, saya bisa membelinya. Dengan harga yang masih selangit. Saya mendapatkan barang yang masih gress…dan segar. Dan saya tidak bahagia. Tidak merasa berbunga – bunga . tidak sibuk memandangi si DAKOTA. Tidak juga sibuk meng add kembali teman – teman saya.

Sekarang ,saya memang sudah sanggup membeli barang ,yang dulu ,saya butuh tiga tahun untuk mewujudkan nya. dan saya berterima kasih pada Tuhan untuk itu. Tapi rasanya, jika barang yang saya inginkan didapatkan terlalu cepat, rasa puasnya kok malah hilang yah ? rasanya kaya kepaksa beli dakota. Padahal masih cinta sama si bold. Kepaksa beli baru ,karena yang lama benar – benar sudah wafat. Sedih rasanya. Penantian panjang saya , hanya bertahan enam bulan.

Awalnya saya menargetkan mau beli Dakota di tahun baru ,febuari nanti. Tapi sekarang saya sudah terlanjur beli. Lebih cepat tiga bulan malah. Dan sekali lagi . saya tidak merasakan kegembiraan.

Memiliki sesuatu sebelum benar – benar siap atau memiliki benda sebelum saya benar – benar menginginkan memang beda yah .

Saya telah mendapat sebelum saya benar – benar mencintai. Dan akibatnya , saya tidak terlalu bahagia. Saya malah merasa aneh…

You know what , I think the idioms  “Tools can’t buy happiness” is absolutely right.

And now, saya bingung bagaimana menyembunyikan BB baru saya . takut saya kalo nanti di cibir sama rekan kerja .FYI , perawat2 rumah sakit tempat saya bekerja, girang bukan main waktu BB saya rusak. Trus menyarankan( sambil ketawa – ketiwi) ,” BB BARU ! BB BARU ! BB BARU !. mungkin mereka tau derita hidup tanpa BB . Laksana pake baju gak pake kolor.

Fiuhhh….

Doa saya : Jangan diledek ! jangan diledek! Jangan diledek!

Plisssss……

 

 

Wrinkle  woody…

November ,3 , 2011